Monday, September 17, 2007

Planning/perencanaan

Aktivitas pertama dan utama dalam organisasi adalah perencanaan. Organisasi tidak akan menjalankan aktivitasnya tanpa adanya perencanaan. Dengan adanya perencanaan, maka ada pedoman yang menjadi dasar dalam setiap langkahnya.
Perencanaan merupakan suatu proses penentuan segala sesuatu di masa sekarang untuk aktivitas yang dilakukan dimasa yang akan datang. Beberapa bentuk rencana yang biasa dilakukan oleh organisasi, yaitu:
a. Program
Program merupakan tahap-tahap dalam penyelesaian pekerjaan yang dilakukan secara berurutan.Misalnya program kerja organisasi. Dalam program kerja ada aktivitas yang sudah direncanakan sesuai dengan waktunya.
b. Standar
Standar merupakan norma yang telah ditetapkan sebagai alat ukur terhadap hasil yang dicapai, misalnya standar produksi.
c. Anggaran
Anggaran adalah suatu rencana tentang penggunaan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia.
d. Acara
Acara merupakan kebijaksanaan dan prosedur rumit yang biasanya diperkuat oleh anggaran modal dan anggaran pengusahaan yang diperlukan serta dirancang untuk melaksanakan sesuatu cara bertindak.
e. Siasat
Siasat adalah rencana yang disusun sebagai taktik melawan rencana pesaing. Dalam menjalankan aktivitasnya, organisasi selalu berusaha menemukan siasat-siasat baru untuk mengantisipasi pesaing.
f. Metode
Metode adalah cara tertentu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Organisasi selalu berusaha menemukan metode kerja yang paling efisien, sehingga ada perbandingan terbaik antara usaha dan hasil.
g. Kebijakan
Kebijakan merupakan pernyataan umum yang menuntun, menyalurkan pemikiran pengambilan keputusan para petugas bawahan di pelbagai bagian dalam suatu lembaga. Namun perlu diingat bahwa setiap kebijakan biasanya melanggar aturan yang sudah ditentukan. Hal ini diterapkan hanya dalam situasi dan kondisi tertentu.
h. Prosedur
Pemilihan cara bertindak dan berlaku untuk kegiatan tertentu di waktu yang akan datang disebut dengan prosedur.
i. Peraturan
Peraturan adalah keharusan mengambil tindakan yang khusus dan definitive atau tetap berkenaan dengan situasi.


Dalam kegiatan perencanaan perlu mengacu pada criteria perencanaan yang dikenal dengan 5W + 2 H,yaitu:
a. What/Apa.
Dalam setiap rencana tentunya kita mengetahui apa yang akan direncanakan, misalnya rencana berwirausaha di bidang jasa warung internet.
b. Why/Mengapa
Disini dikemukakan alas an-alasan membuat rencana tersebut,misalnya membuka warung internet dengan alas an masyarakat sekarang butuh informasi yang serba cepat supaya tidak ketinggalan jaman.
c. Who/Siapa
Rencana yang sudah dibuat tentunya harus ada yang menjalankan atau melaksanakan. Siapa saja orang-orang yang dipercaya untuk menjalankan rencana tersebut.
d. When/Kapan
Perlu ada time schedule yang baik dalam menjalankan rencana, baik memulai maupun mengakhiri kegiatan.
e. Where/Dimana
Rencana yang sudah ditetapkan tentunya perlu tempat yang strategis dan kondusif dalam menjalankannya.
f. How many/Bagaimana
Perlu adanya strategi maupun prosedur untuk menjalankan rencana yang sudah ditetapkan.
g. How much/Berapa
Dalam pelaksanaan rencana perlu adanya anggaran yang disiapkan, berapa yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas tersebut, mulai anggarn persiapan, pelaksnaan maupun penyelesaian.

No comments: