Monday, September 17, 2007

MANAJEMEN

Istilah manajemen dalam bahasa Latin “Managiare” yaitu ‘Manus’ berarti tangan dan agree yang berarti melaksanakan. Sedangkan dalam bahasa Inggris “to manage” yang berarti mengurus/ membimbing/mengawasi.
Menurut T. Hani Handoko, manajemen didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), Penyususnan personalia atau kepegawaian (Staffing), pengarahan dan kepemimpinan (Leading) dan pengawasan (Controlling).
Menurut The Liang Gie, manajemen adalah suatu proses kegiatan untuk menggerakkan dan mengendalikan suatu usaha kerjasama dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan manajemen adalah
1. Mencapai keteraturan, kelancaran dan kesinambungan usaha.
2. Mencapai efisiensi (kategori Sumber daya manusia, Suasana dan lingkungan organisasi, Alat perlengkapan kerja, Sistem atau prosedur kerja

Adapun sasaran dari manajemen adalah:
1. Human Resources.
Dalam setiap aktivitas manajemen yang dilakukan seharusnya selalu memperhatikan tentang potensi-potensi yang ada pada sumber daya manusia. Hal ini disebabkan sumber daya manusia merupakan faktor yang paling penting dalam kegiatan manajemen. Tanpa adanya pengelolaan sumber daya manusia yang baik, maka dapat dipastikan kegiatan manajemen tidak dapat berjalan dengan maksimal. Sasaran terhadap sumber daya manusia, bentuk kegiatanya dapat berupa memimpin, memotivasi dan mengarahkan orang-orang agar aktivitasnya mengarah pada tujuan yang akan dicapai.
2. Non Human Resources.
Sasaran manajemen yang kedua adalah non human resources atau segala bentuk fasilitas yang ada untuk menunjang pencapaian tujuan manajemen. Bentuk kegiatan non human resources adalah mengadakan dan memelihara serta mengendalilan segala fasilitas yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan misalnya, tempat, alat, metode kerja dan sebagainya.

Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen merupakan aktivitas manajer dalam menjalankan tugas sebagai pejabat manajemen (atas, menengah, bawah) terlepas dari organisasi besar/kecil. Pendapat tentang fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli antara lain:

G.R. Terry mengemukakan bahwa fungsi manajemen dibagi dalam 4 fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing, Actuating, Controlling
Menurut Henry Fayol, fungsi manajemen terdiri dari Planning, Organizing, Commanding, Coordinating , Controlling
S.P. Siagian mengemukakan bahwa fungsi manajemen terdiri dari 5 komponen, yaitu Plannning, Organizing, Motivating, Controlling, Evaluating
Menurut The ling Gie, Fungsi manajemen terdiri dari Perencanaan, Pembuatan keputusan, Pengarahan, Pengorganisasian, Pengontrolan, Penyempurnaan

1 comment:

Anonymous said...

Assalamu'alaikum...
syukran buat infonya tentang manajemen...
sangat membantu sy menyelesaikan tugas dari sekolah...
Wassalamu'alaikum...